Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Senin, 15 Desember 2014

"Fakta-Fakta Tentang Hujan Meteor Geminids"



Tadi malam merupakan puncak hujan meteor geminids, bagi yang lupa atau cuaca mendung tadi, malam ini juga masih ada puncaknya dan semoga saja cuaca cerah. Berikut fakta-fakta mengenai hujan meteor gemini :

1.) Dinamakan hujan meteor geminids dikarenakan humet ini muncul di radiant rasi gemini.

2.) Rasi Gemini dapat terlihat diwilayah Indonesia dibulan Desember mulai pukul 21.00 diarah timur langit.

3.) Hujan meteor gemini berasal dari debu-debu sisa asteroid Phaeton yang pernah melintas di orbit bumi dan masuk ke atmosfer bumi.

4.) Hujan meteor gemini bisa disaksikan mulai tanggal 7 Desember s/d 17 Desember, dan puncaknya terjadi pada tanggal 13 & 14 Desember waktunya pengamatan mulai pukul 21.00 - 05.00 waktu setempat.

5.) Saat puncaknya hujan meteor gemini bisa menghasilkan sekitar 120 meteor/jam.

6.) Hujan meteor gemini merupakan hujan meteor dengan intensitas terbanyak dan menempati posisi atas mengalahkan perseids intensitas 90 meteor/jam, tapi masih kalah terang dengan hujan meteor perseids.

7.) Hujan meteor gemini bisa disaksikan hampir diseluruh dunia termasuk di Indonesia, dan paling mudah disaksikan asalkan cuaca cerah saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar