Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Selasa, 29 September 2015

“Jadwal Fenomena Gerhana Tahun 2016”

Gerhana bulan total yang terjadi hari ini menjadi penutup semua gerhana yang terjadi tahun 2015, ditahun 2016 nanti ada satu gerhana yang istimewa bagi masyarakat indonesia. Gerahana apa itu? Berikut ulasannya:

-> GERHANA MATAHARI TOTAL, 9 MARET 2016
Fenomena langka ini akhirnya akan melintasi negara tercinta kita ini, ya Indonesia dan Micronesia akan menjadi tuan rumah pengamatan gerhana matahari total yang langka ini. Dimana seluruh wilayah Indonesia dari Sabang – Merauke bisa menikmati gerhana matahari baik total maupun sebagian dengan intensitas yang beragam.
Untuk pengamatan di Indonesia gerhana matahari ini akan terlihat pada pagi hari antara pukul:

  1. Indonesia Barat: 06.20 – 08.40 WIB, 
  2. Indonesia Tengah: 07.30 – 10.20 WITA, 
  3. Indonesia Timur: 08.40 – 11.40 WIT. 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download E-Book "Infromasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016" disini: 
E-BookGMT 2016
Kota-kota yang akan dilintasi garis totalitas gerhana matahari ini adalah (Muko-Muko, Palembang, Koba, Toboali, Tanjung Pandan, Kendawangan, Pangkalan Bun, Sampit, Waringin, Palangkaraya, Amuntai, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, dan Halmahera tengah, dan daerah lain). Dimana daerah tersebut akan mengalami kegelapan seperti waktu shubuh untuk beberapa menit.

Bagi daerah yang tidak dilintasi garis total gerhana matahari tidak usah kecewa karena seluruh wilayah Indonesia dapat menyakaikan gerhana matahari sebagian dengan intensitas yang cukup tinggi sekitar 50% - 99%, untuk pengamatan gerhana matahari dilarang keras menggunakan mata telanjang perlu alat khusus untuk menyaksikannya seperti dengan kacamata gerhana atau teknik lubang jarum.

-> GERHANA BULAN PANUMBRA, 23 MARET 2016
Gerhana Bulan Panumbra ini dapat disaksikan dari kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Pasifik, dan Amerika Utara. Berikut waktu terjadinya gerhana bulan panumbra di Indonesia:

  1. Indonesia Barat: 16.36 - 20.57 WIB
  2. Indonesia Tengah: 17.36 - 21.57 WITA
  3. Indonesia Timur:  18.36 - 22.57 WIT

-> GERHANA BULAN PANUMBRA, 18 AGUSTUS 2016




Gerhana Bulan Panumbra terjadi apabila dalam orbitnya Bulan melintasi bayang-bayang Bumi bagian samar (Panumbra) baik secara keselurhan maupun sebagian, gerhana jenis merupakan gerhana tak kasat mata karena sulit dibedakan dengan Bulan Purnama biasa. Gerhana bulan jenis ini kurang diminati oleh masyarakat karena memang sulit teramati secara kasat mata karena hampir sama dengan purnama biasa, namun perbedaannya yaitu Bulan Purnama akan sedikit lebih redup sajasaat puncak gerhana panumbra terjadi.

Gerhana bulan panumbra yang terjadi pada tanggal 18 Agustus 2016 memang sangat tipis sekali mengenai bayangan samar dari Bumi (panumbra), bahkan beberapa dari astronom menganggap tidak terjadi gerhana bulan panumbra sama sekali karena memang sangat tipis sekali Bulan menyentuh bayangan panumbra Bumi. Berbeda dengan gerhana bulan panumbra yang akan terjadi tanggal 16 September 2016 mendatang dimana Bulan memasuki keseluruhan dari bayangan samar bumi, jadi kemungkinan masih terlihat perbdedaannya Bulan Purnama dengan Gerhana Panumbra meski gerhana ini merupakan tipe tak kasat mata, di mana Bulan Purnama akan sedikit lebih redup dari biasanya saat puncak gerhana panumbra terjadi.

Gerhana Bulan Panumbra yang terjadi tanggal 18 Agustus 2016 tidak bisa teramati dari Indonesia hanya di Amerika Utara, Amerika Latin, dan Australia saja yang bisa melihatnya.

-> GERHANA MATAHARI CINCIN, 1 SEPTEMBER 2016
Gerhana matahari cincin ini akan menjadi milik masyarakat Afrika khususnya afrika bagian tengah, dimana gerhana matahari cincin ini akan melintasi negara Gabon, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Tanzania, dan Madagascar. Selain itu gerhana matahari sebagiannya dapat disaksikan diseluruh benua Afrika kecuali debagian kecil di Afrika Utara saja yang tidak bisa menikmati gerhana matahari sebagian.
Diakhir gerhana ternyata sebagian daeah di Indonesia terdampak gerhana matahari sebagiannya juga meski intensitasnya kecil tak lebih dari 5%, wilayah yang terdampaknya terdapat di provinsi (Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta) dimana daerah ini ketika matahari tenggelam/sunset daerah tersebut akan melihat matahari akan kroak sedikit dibagian kiri bawah, indah bukan menyaksikan sunset + gerhana matahari saat senja sore. Gerhana matahari sebagian ini boleh disaksikan dengan mata telanjang di Indonesia karena saat sunset silau matahari berkurang jauh jadi tak membahayakan bagi mata kita.

-> GERHANA BULAN PANUMBRA, 16-17 SEPTEMBER 2016
Dapat disaksikan dari benua Afrika, Asia, dan Australia. Waktu Gerhana Bulan Panumbra di Indonesia:
  1. Indonesia Barat: 23.52 - 03.55 WIB
  2. Indonesia Tengah: 00.52 - 04.55 WITA
  3. Indonesia Timur: 01.52 - 05.55 WIT
Gerhana Bulan Panumbra merupakan gerhana tak kasat mata karena kita akan sulit membedakan gerhana panumbra dengan bulan purnama biasa, namun saat puncaknya bulan purnama agak sedikit lebih redup saja dari sebelumnya. Pucak gerhana bulan panumbra akan terjadi pukul 01.54 WIB/ 02.54 WITA/ 03.54 WIT.

Keterangan:

  1. Gerhana Matahari terbaik diamati dari Indonesia terjadi pada tanggal 9 maret 2016
  2. Gerhana matahari sebagian pada tgl 1 september 2016 dapat disaksikan dari beberapa daerah saja di Indonesia seperti daerah (Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta), namun itu juga untung-untungan bisa melihat gerhana dikarenakan terjadinya beberapa menit menjelang sunset.
  3. Gerhana bulan panumbra merupakan gerhana tak kasat mata jadi sulit dibedakan dengan kasat mata karena hampir sama dengan purnama namun purnamanya saat puncak panumbra akan sedikit redup saja, intinya gerhana bulan tahun 2016 kurang diminati masyarakat di dunia nanti. Perbedaanya dapat dilihat jika dibandingkan dengan foto-foto gerhana bulan panumbra & bulan purnama.

11 komentar: