Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Jumat, 10 Juli 2015

VIDEO: Perbandingan Gerhana Matahari 9 Maret 2016 di Palembang, Jakarta, Yogyakarta, dan Balikpapan



Berikut adalah video dari aplikasi stellarium untuk melihat fase gerhana matahari yang terjadi dibeberapa daerah Indonesia. Dimana ada yang kebagian fase total dan sebagian seperti:
- Palembang, Gerhana Matahari Total (100%)
- Jakarta, Gerhana Matahari Sebagian (88%)
- Yogyakarta, Gerhana Matahari Sebagian (81%)
- Balikpapan, Gerhana Matahari Total (100%)
Bagi kalian yang mempunyai aplikasi Stellarium dan ingin tahu fase apa didaerah kalian saat gerhana matahari 2016, set saja tanggal 9 Maret 2016 terus jamnya sekitar 06.15 - 08.50 WIB / 07.15 - 09.50 WITA / 08.15 - 10.50 WIT dan dizoom mataharinya untuk melihat proses gerhananya.
Untuk daerah total wilayah yang dilewatinya antara lain sebagai berikut:
((Pulau Pagai Utara & Selatan, Muko-Muko, Bantal, Penarik, Ipuh, Pangkalan, Mendiangin, Lubuk Linggau, Palembang, Upang, Sungsang, Bangka Tengah, Belitung, Kendawangan, Sukamandang, Pangkalan Bun, Kumai, Sampit, Waringin, Pembuang, Palangka Raya, Koeling, Amuntai, Tanah Grogot, Balikpapan, Pawing, Longkali, Pasowe, Palu, Poso, Sigi, Nunu, Moro, Tomado, Ampana, Propo, Bolaang, Matindok, Klintom, Luwuk, Bomba, Teku, Baru, Ternate, Tidore, Sofifi, Mare, Weda, Sidangoli, Kau, Mesa, Dote, Maba.))
sumber: Youtube & Stellarium


Tidak ada komentar:

Posting Komentar