Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Minggu, 13 November 2016

Tips Mengabadikan Super Moon



Bulan Purnama Perigee atau yang sering kita kenal dengan nama Super Moon ini merupakan fenomena yang sangat menarik, dimana Bulan Purnama berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Secara astronomis peristiwa ini akan membuat Bulan Purnama akan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya. Pastinya momen ini menjadi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, dan banyak juga ingin mengabadikannya lewat fotografi. Berikut ada tips dalam mengabadikan fenomena Super Moon ini:

1. Carilah Lokasi Yang Tepat
Dalam mengabadikan Super Moon disarankan memilih lokasi yang tepat seperti di Pantai, Perkotaan, Pegunungan, dan bangunan ikonik. Dimana kita bisa menjadikan objek dibeberapa tempat tersebut untuk mengabadikan bersama fenomena Super Moon dengan latar yang diinginkan. Sehingga foto anda menjadi lebih bagus karena tidak hanya memotret bulan saja namun ada objek lain yang menjadi pelengkapnya menjadikan Super Moon tampak lebih cantik dipandang seperti foto-foto dibawah ini.



 2. Atur Mode Kamera
Untuk menghasilkan foto yang bagus diperlukan sebuah Tripod agar dalam pengambilan gambar tidak terjadi getaran. Selanjutnya shutter speed diatur cepat sekitar 1/100 detik atau lebih. Untuk yang pakai ponsel bisa diatur sendiri sesuai yang diinginkan namun lebih baiknya diabadikan. Jika Anda menggunakan smartphone, ingatlah untuk selalu fokus. Sentuh layar dan gunakan jari Anda untuk menentukan fokus. Sesuaikan eksposur gelap terang sesuai dengan bulan saat itu.

3. Waktu Mengabadikan Terbaik
Waktu yang tepat dalam mengabadikan momen ini ketika Bulan Purnama saat terbit atau mau tenggelam karena pada waktu tersebut kita bisa menangkap objek bulan dengan objek-objek di daratan seperti pohon, rumah, atau bangunan lain sehingga Bulan Purnama seolah-olah akan terlihat lebih besar dan ini menjadi momen yang tepat untuk bisa mengabadikan fenomena tersebut.

Selamat Berburu Super Moon



2 komentar: