Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Senin, 15 Februari 2016

Teknik Lubang Jarum Dalam Pengamatan Gerhana Matahari


Teknik kamera lubang jarum adalah cara alternatif pengamatan gerhana matahari tanpa melihat langsung kearah matahari, cara ini dilakukan dengan meloloskan cahaya matahari melewati lubang kecil sehingga proyeksi matahari akan terbentuk dibelakang media yang telah kita lubangi tersebut. Ada beberapa cara teknik kamera lubang jarum yang sangat mudah dan kita dapat membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan pastinya, berikut ulasannya:

1, Menggunakan Lensa Telezoom/Binoculer/Kekeran

Bahan-Bahan
  1. Kardus Bekas satu (Ukuran Sedang)
  2. Lensa telezoom/binoculer
  3. Jika tidak punya lensa tersebut siapkan "Jarum Dom" atau "Pin"
  4. Batu 2
  5. Gunting
Cara pembuatannya:
  1. Potong sisi-sisi kardus dengan gunting semuanya sampai bersih, lubangi permukaan kardus diatas seukuran lensa telezoom/binoculer, setelah itu tancapkan lensa tersebut.
  2. Jika kalian tidak punya lensa tersebut  bisa lubangi pakai Pin atau "Jarum Dom" kecil-kecil aja boleh satu/lebih tapi jaraknya agak berjauhan jika lebih >1.
  3. Setelah semua terpasang atau telah dilubangi dengan Pin atau "Jarum Dom" fokuskan kearah matahari sampai proyeksi mataharinya muncul di dalam kardus.
  4. Setelah pas kardus bisa diganjal pakai 2 batu tersebut agar tidak goyang-goyang atau jatuh.
  5. Gerhana Matahari siap untuk diamati, untuk contohnya seperti ini yang saya buat.


2. Menggunakan Tangan Kita

Cara ini sangat mudah dengan membentuk jari-jari tangan kita seperti itu fase gerhana matahari bisa disaksikan dengan jelas tanpa melihat kearah matahari.

3. Saringan Perkakas Dapur


Cara mudah dan aman untuk mengamati gerhana matahari adalah menggunakan saringan. Saringan sehari-hari yang biasa kita gunakan untuk memasak di dapur, dapat menjadi alat sederhana untuk mengamati proses gerhana. Caranya adalah dengan berdiri membelakangi matahari sehingga gambar matahari akan terproyeksi di tanah. Letakkan selembar kertas putih sebagai layar proyeksi bila berdiri di rerumputan.

4. Bayang-Bayang Pohon


Cara ini sangat mudah kita lihat saja langsung kebayang-bayang pohon saat gerhana matahari. ketika kita melihat bayang-bayang pohon pasti pernah melihat cahaya bulatan-bulatan kecil, itulah proyeksi matahari. Jadi pada saat gerhana matahari terjadi bayang-bayang proyeksi dari pohon tersebut nggk berbentuk bulat namun akan berbentuk sabit saat terjadinya gerhana matahari





Tidak ada komentar:

Posting Komentar