Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Rabu, 21 Desember 2016

26 Desember 2019 Gerhana Matahari Cincin Untuk Indonesia


Fenomena langit apa yang akan paling ditunggu tahun 2019 ini di Indonesia ?

Tidak lain fenomena menarik gerhana matahari akan melintasi wilayah Indonesia lagi namun kali ini bukan "Total" yang terjadi 9 maret 2016 lalu, melainkan Gerhana Matahari Cincin. Fenomena GMC ini akan terjadi sehari setelah Hari Raya Natal yakni pada tanggal 26 Desember 2019 dan akan melintasi beberapa wilayah Indonesia seperti di pulau Sumatera, dan Kalimantan. Namun hanya daerah tertentu saja yang bisa menyaksikan fase gerhana cincin sempurna di pulau tersebut. Gerhana Matahari Cincin 2019 menjadi gerhana cincin ke-2 yang melintasi Indonesia di abad 21 karena sebelumnya Indonesia pernah dilintasi gerhana cincin yang sama 26 Januari 2009 lalu. Berikut Kami tampilkan peta lintasan Gerhana matahari cincin di Indonesia tahun 2019 :

peta lintasan GMC 
26 Desember 2019
Lintasan Cincin Sempurna:

- Provinsi Aceh : Pulau Simuele, Singkil, dskt.

- Provinsi Sumut: Sibolga, Padang Sidempuan, Sipirok, Siabu, Binanga, dskt

- Provinsi Riau : Duri, Dumai, Siak, Pekanbaru, Bengkalis, Sontang, Bonai, Pulau Pedang, dskt

- Provinsi Kep.Riau : Batam, Tanjung Pinang, dskt.

- Provinsi Kalbar: Singkawang, Sambas, Pemangkat, Menpawah, Putussibau, dskt

- Provinsi Kalut: Makulit, Basahan, dskt

- Provinsi Kaltim: Baia, Sokan, Berau, Tumbit, dskt

Simulasi GMC 26 Desember 2019
Kota Batam, Kep. Riau

Diluar daerah yang tidak disebutkan diatas seluruh wilayah Indonesia hanya menyaksikan gerhana matahari sebagian dengan intensitas yang beragam tergantung lokasi, semakin dekat pusat cincin maka intensitas ketertutupan Matahari oleh Bulan maka akan semakin tinggi. Pusat waktu terlama fase gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 terjadi di Pulau Sumatera tepatnya di daerah Bengkalis, Riau dengan durasi Cincin selama 3 menit 40 detik waktu tepat siang hari jam 12.00 WIB.

Tahukah Kamu ?

Negara Indonesia bukan satu-satunya negara yang akan dilintasi gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 nanti ada juga beberapa negara lain yang juga dilintasi GMC 2019 seperti negara di Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Dimana gerhana cincin ini akan bermula muncul di negara timur tengah, pertama gerhana cincin akan diawali muncul di negara Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman. Gerhana matahari cincin disana terjadi dipagi hari kemudian GMC bergerak ke timur masuk ke negara India dan Srilangka disana gerhana matahari cincin terjadi antara pukul 09.00-10.00 waktu setempat sana. Kemudian GMC bergerak lagi ketimur masuk ke negara kita Indonesia, Singapura, dan Malaysia terjadinya tepat siang hari ketika Matahari sudah diatas kepala sekitaran pukul 12.00 siang, kemudian GMC bergerak menjauh masuk ke negara Filipina dan berakhir di Samudera Pasifik. Berikut peta keseluruhan gerhana matahari cincin 26 desember 2019.


Bagaimana Penampakan GMC 26 Desember 2019 di Ibu Kota Jakarta ?

Sayangnya kota Jakarta hanya akan melihat gerhana matahari sebagian saja dengan intensitas 72%, dikarenakan GMC ini tidak melintasi Pulau Jawa apalagi kota Jakarta karena pusat cincinya jauh dari kota ini. Namun Jakarta masih bisa menyaksikan gerhana matahari sebagiannya saja dengan ketertutupan Matahari oleh Bulan sebanyak 72%. Kota Jakarta pernah nyaris dilintasi gerhana matahari cincin 26 Januari 2009 lalu, pada waktu gerhana matahari cincin melintasi Provinsi Banten. Berikut kenampakan gerhana matahari sebagian di Jabodetabek 26 Desember 2019 nanti. Di kota Jakarta sendiri gerhana matahari sebagian akan mulai kontak awal pukul 10.42 WIB, Puncak pukul 12.35 WIB, dan berakhir sekitar pukul 14. 23 WIB. Durasi keseluruhan mencapai 3 jam 41 menit.

sumber: 
- Eclipse.org.uk
- Xavier Jubier
- Time n Date

Tidak ada komentar:

Posting Komentar