Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Minggu, 23 Juli 2017

Jadwal Fenomena Langit Agustus 2017


TANGGAL: 


3 AGUSTUS, Konjungsi Bulan & Saturnus pukul 18.00 s/d 02.00 waktu setempat.

7 AGUSTUS, Fase Bula Purnama 

8 AGUSTUS, Gerhana Bulan Sebagian

Inilah satu-satunya gerhana bulan yang paling jelas terlihat ditahun ini, dan beruntungnya negara kita Indonesia bisa mengamati dengan jelas keseluruhan proses peristiwa ini. Dimana nantinya Bulan Purnama akan tergerhanai oleh bayangan Bumi hanya sekitar 25% saja atau ¼ dari permukaan bulan purnama akan menggelap saat puncaknya. Fenomena gerhana ini di Indonesia teramati selepas tengah malam.(Baca: Gerhana Bulan 8 Agustus 2017)

12-13 AGUSTUS, Hujan Meteor Perseids (60 Meteor/jam)
Hujan meteor Perseid adalah salah satu hujan meteor terbaik untuk diamati. Bagaimana tidak, pada puncaknya, Perseid dapat memproduksi hingga 60 meteor per jam. Meteor-meteor yang melesat pada hujan meteor ini dihasilkan oleh debu komet Swift-Tuttle yang ditemukan pada 1862. Setiap tahunnya, Perseid terjadi pada rentang tanggal 17 Juli hingga 24 Agustus, dan puncaknya terjadi pada malam 12 Agustus hingga dini hari 13 Agustus. Sayangnya, di tahun 2017 hujan meteor Perseid bertepatan dengan fase Bulan bungkuk, sehingga cahaya Bulan yang terang dapat meredupkan meteor-meteor kecil.

16 AGUSTUS, Konjungsi Bulan & Aldebaran pukul 01.00 s/d Sunrise waktu setempat.

19 AGUSTUS, Konjungsi Bulan & Venus pukul 03.30 s/d Sunrise waktu setempat arah timur.

21 AGUSTUS, Gerhana Matahari Total di Amerika Serikat (USA)

Lintasan Gerhana Matahari Total 21 Agustus 2017 akan menyapu beberapa negara bagian di Amerika Serikat (USA) diantaranya negara bagian Oregon, Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Misoouri, Iowa, Illionis, Kentucky, Teenese, Atlanta, dan South Carolina sedangkan gerhana matahari sebagian bisa disaksikan disebagian besar USA, Kanada, Mexico, Panama, dan Amerika Latin Utara. Puncak gerhana matahari total ini akan mencapai waktu sampai 2 menit 40 detik saja di daerah negara bagian Missouri.(Baca: Berburu Gerhana Matahari Total di Amerika Serikat)

25 AGUSTUS, Konjungsi Bulan & Jupiter pukul 18.00 s/d 20.00 waktu setempat arah barat.

30 AGUSTUS, Konjungsi Bulan & Saturnus pukul 18.00 s/d 00.00 waktu setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar