Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Senin, 28 Agustus 2017

Jadwal Fenomena Langit September 2017




5 SEPTEMBER, Konjungsi Jupiter & Spica bisa disaksikan pukul 18.00 s/d 20.00 waktu setempat arah barat.

6 SEPTEMBER, Fase Bulan Purnama

12 SEPTEMBER, Elongasi Merkurius
Planet Merkurius akan mencapai puncak ketinggiannya diarah timur saat fajar dengan ketinggian sekitar 10 derajat diatas ufuk sebelum matahari terbit.

18 SEPTEMBER, Okultasi Venus
Fenomena tertutupnya planet Venus oleh Bulan ini akan terlihat dari Indonesia. Okultasi ini paling jelas teramati di pulau Sumatera (Kecuali Provinsi Aceh dan Sumatera Utara) karena disana kita bisa melihat Venus tertutup dengan jelas oleh Bulan disebabkan Matahari belum terbit sedangkan daerah lain di Indonesia khususnya diluar pulau Sumatera Matahari sudah terbit dahulu sebelum Venus tertutup oleh Bulan. Provinsi Sumatera Barat menjadi titik lokasi terbaik untuk mengamati okultasi venus ini. Namun tak perlu kecewa bagi kalian yang tinggal diluar pulau Sumatera, dikarenakan kita masih bisa melihat kedua objek ini sangat dekat sekali bahkan keduanya berjarak kurang <1° saja diseluruh Indonesia, peristiwa ini bisa diamati sekitar pukul 04.00 s/d Sunrise waktu setempat arah timur. Jika kalian melewatkan fenomena okultasi venus ini, kalian harus menunggu waktu hingga tahun 2026.

22 SEPTEMBER, , Konjungsi Bulan & Jupiter bisa disaksikan pukul 18.00 s/d 20.00 waktu setempat arah barat.

23 SEPTEMBER, Equinox September
Pada hari ini Matahari tepat diatas garis khatulistiwa/equator, yang menandakan masuknya musim gugur di belahan bumi utara dan musim semi di belahan bumi selatan. Selain itu panjang waktu antara malam dan siang diseluruh dunia sama saat peristiwa september equinox ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar