Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Sabtu, 08 November 2014

Puncak Hujan Meteor Leonids 17-18 November 2014




Puncak hujan meteor Leonids ini bisa disaksikan selama 2 hari berturut waktu pengamatan terbaik sekitar pukul 00.00 - 05.00 waktu setempat arah bebas sesuai kenyamanan anda dan carilah tempat yang bebas dari polusi cahaya lampu, karena hujan meteor ini akan sulit diamati dari daerah yang polusi cahayanya tinggi.

APA ITU HUJAN METEOR LEONIDS?

Hujan Meteor Leonids adalah salah satu hujan meteor yang lebih baik untuk diamati, menghasilkan rata-rata 40 meteor per jam pada puncak mereka. Mandi itu sendiri memiliki tahun puncak siklus setiap 33 tahun di mana ratusan meteor bisa dilihat setiap jam. Yang terakhir ini terjadi pada tahun 2001.

Biasanya puncak terjadi pada 17 & 18, tetapi Anda dapat melihat beberapa meteor pada tanggal 13 – 20. Cahaya Bulan purnama akan menjadi kendala untuk mengamati hujan Meteor Leonids ini, namun dengan sampai 40 meteor per jam mungkin, ini masih bisa menjadi acara yang baik. Akan memancar dari konstelasi Leo setelah tengah malam. 

Memancar dari rasi bintang Leo, hujan meteor Leonid paling terkenal setelah menghasilkan beberapa badai meteor terbesar dalam sejarah.


Pada 1966, hujan meteor Leonid memunculkan ribuan meteor per menit selama rentang waktu 15 menit pada dinihari tanggal 17 November.

Namun tahun 2014 ini sepertinya tidak akan seperti tahun 1966. Tahun ini hanya akan muncul 20-40 meteor per jam. Bisa diamati mulai tengah malam sampai fajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar