Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Minggu, 31 Juli 2016

“5 Planet Tata Surya Akan Terlihat Selama Agustus 2016”


5 planet tata surya seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan terlihat selama bulan agustus ini. Ke-5 planet ini akan mulai terlihat selepas senja sore sekitar pukul 18.00 waktu setempat dimana penampakan planet tersebut bisa diamati.  Penampakan planet berbeda dengan bintang, letak perbedaannya yakni apakah berkedip/tak berkedip jikalau tak berkedip itu merupakan planet. Selain itu pergerakan posisi planet sedikit berubah setiap harinya.

Bagaimana Penampakannya?
Selama bulan Agustus 2016 nanti kalian bisa mengamati 5 planet ini.
Dimulai dengan 3 objek planet diarah barat. Kalian bisa melihat planet Venus terlebih dahulu yang terlihat sangat terang namun sedikit redah diarah barat dengan mag.semu (-3,3), diatasnya Venus kamu akan melihat planet Merkurius penampakannya sedikit lebih redup dari Venus & Jupiter dengan mag.semu (+0,3), diatas Merkurius ada planet Jupiter. Planet Jupiter ini cukup terang seperti setengah terangnya planet Venus dengan mag.semu (-1,3), ketiga planet ini bisa terlihat diarah barat hingga pukul 19.00 waktu setempat.


Disisi lain ketika pukul 18.00 waktu setempat sambil kamu melihat ketiga objek planet diarah barat arahkan pandangan kamu keatas langit akan terlihat 2 planet lain yakni Mars dan Saturnus. Kedua planet ini sedang berada diposisi rasi Scorpio/Kalajengking. Kalian akan mudah menemunkan rasi ini karena bentuknya mirip hewan kalajengking. Mars akan terlihat seperti bintang merah tak berkedip dengan mag.semu (-0,4), sedikit diatasnya ada planet Saturnus namun sedikit lebih redup dari Mars dengan mag.semu (+0,5). Posisi kedua planet ini berdekatan dengan bintang Antares, salah satu bintang paling terag dirasi scorpio. Planet Mars & Saturnus ini bisa disaksikan hingga pukul 00.00 waktu setempat dimana kedua objek ini tenggelam diarah barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar