Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Senin, 26 September 2016

LAPAN: Benda Misterius di Sumenep Diduga Pecahan Roket


akarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menduga benda yang jatuh dari langit di Sumenep, Jawa Timur adalah pecahan roket. Roket tersebut merupakan Roket Falcon 9 milik Amerika Serikat.

"Kami sudah analisis, dugaan kuat benda tersebut adalah pecahan roket Falcon 9 dengan nomer seri 41730," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin saat berbincang, Senin (26/9/2016).

Roket Falcon tersebut diperkirakan melintasi langit Madura sekitar pukul 09.21 WIB pada ketinggian 129 KM. Belum diketahui apa muatan yang dibawa oleh roket tersebut.

"Muatan belum diperiksa, tapi tampaknya roket eksperimen," ujar Thomas.


Sebelumnya, sebuah benda berupa tabung silinder sepanjang 1,5 meter dan diameter 60 centimeter jatuh di Kecamatan Gili Raja dan Giligenting, Sumenep, Jawa Timur. Beberapa benda jatuh dari langit sekitar pukul 10.00 WIB.

Tabung itu terbungkus semacam fiber. Ada 2 buah ditemukan di perairan dan 2 di darat. Awalnya, warga menduga benda itu merupakan bagian pesawat. Kemenhub, AirNav, dan Bandara Juanda memastikan tak ada pesawat melintas di langit Sumenep. 
(imk/imk)


sumber: Detik.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar