Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Kamis, 07 Januari 2016

Durasi Totalitas GMT 9 Maret 2016 Di Berbagai Wilayah Indonesia


Negara Indonesia akan mendapat sapuan gerhana matahari total 9 maret 2016 yang cukup luas, karena lintasannya melewati 3 pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Maluku Utara. Dari semua itu ada beberapa daerah saja yang beruntung bisa dilintasi garis totalnya, dan masing-masing daerah total itupun memiliki interval waktu totalitas yang berbeda-beda. 

Kenapa berbeda?. Ini disebabkan oleh lebar bayangan umbra bumi ketika melintasi wilayah di Indonesia berbeda satu sama lain. Misal kota A dilintasi bayangan umbra yang tepi dengan kota B yang dilintasi umbra bagian tengah, maka yang kota B lebih lama dibanding kota A karena bayangan di kota B lebih luas dibanding kota A, ini disebabkan bentuk bayangan bulan berbentuk elips. Selain faktor itu Bulan ketika konjungsi tepat dengan matahari tepat siang hari disuatu wilayah juga akan membuat durasi total gerhana menjadi lebih lama. 

Kota Balikpapan fase totalitasnya hanya berlangsung hanya 1 menit 7 detik karena dilintasi umbra bagian tepi saja seperti digambar.


Kota Tanah Grogot fase totalitasnya lebih lama dari Balikpapan sekitar 2 menit 37 detik karena dilintasi umbra bagian tengah seperti digambar.



Berikut tabel fase totalitas gerhana matahari di daerah di indonesia:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar