Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Kamis, 07 Januari 2016

Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Di Pulau Kalimantan


Pulau Kalimantan akan menjadi pualu terbaik untuk pengamatan gerhana matahari total, karena 4 provinsi akan terdampak sapuan gerhana matahari total seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Berikut daerah yang beruntung dilintasi garis totalitas gerhana:

1. Kalbar: wilayah ini yang terkena garis totalnya antara lain Kendawangan, Manismata, Riam, Penahan, untuk daerah Ketapang akan terlihat gerhana matahari sebagian intensitas 98% jadi kalau mau lihat total lebih baik keselatan beberapa kilometer lagi. 

2. Kalteng: wilayah ini mencakup banyak daerah antara lain Sukamandang, Pangkalan Bun, Kumai, Sampit, Waringin, Pembuang, Palangka Raya, Koeling, lihat saja diwilayah ini mungkin daerahmu termasuk juga.

3. Kalsel : wilayah ini hanya mencakup wilayah kalimantan selatan bagian utara saja seperti daerah Amuntai, untuk Banjarmasin hanya gerhana matahari sebagian intnesitas 97%, jika ingin mengejar totalitas bagi warga Banjarmasin silahkan ke utara mencapai garis total.

4    4.Kaltim : wilayah ini mencakup daerah Balikpapan, Longkali, Tanah Grogot, Pasir, Pawing. Untuk Samarinda hanya tampak gerhana matahari sebagian intensitas 97%.

Diluar daerah tersebut seluruh wilayah Kalimantan hanya menyaksikan gerhana matahari sebagian saja, seperti dikota Tarakan (83%), Pontianak (93%), Banjarmasin (98%), Samarinda (98%). Berikut tabel waktu terjadinya gerhana dibeberapa daerah di kalimantan, sesuaikan daerah terdekat jika tidak ada dalam tabel:










1 komentar: