Halaman Ini berisi tentang Informasi2 tentang Astronomi terkait kejadian alam yang berada di luar angkasa maupun kejadian di bumi. Sehingga membantu masyarakat mengetahui dengan jelas kapan terjadinya suatu peristiwa, sehingga dapat menikamti fenomena2 langka yang terjadi dilangit maupun di bumi.

Kamis, 07 Januari 2016

Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Di Pulau Sulawesi & Maluku


Pulau Sulawesi juga menjadi lintasan gerhana matahari total 9 maret 2016, namun hanya ada 2 provinsi saja yang terdampak gerhana total diantaranya Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah. Berikut daerah yang beruntung akan mengalami gerhana matahari total :

1. Sulbar: wilayah ini yang terdampak adalah daerah Nunu, Moro, dan Limba, untuk daerah Polewali hanya tampak gerhana matahari sebagian intensitas 95%.

2. Sulteng: wilayah ini mencakup banyak daerah antara lain Pasowe, Palu, Poso, Sigi, Tomado, Ampana, Propo, Bolaang, Matindok, Klintom, Luwuk, Bomba, Teku, dan daerah lain di sulteng ini yang saya tidak disebutkan mungkin dilintasi garis totalnya dilihat saja petanya mungkin kamu tau wilayah tersebut.

3. Malukut: wilayah ini merupakan wilayah pengamatan terakhir di Indonesia dan menjadi tempat terbaik pengamatan gerhana matahari total, wilayah yang terdampak adalah Ternate, Tidore, Mare, Weda, Sofifi, Sidangoli, dan Maba (Halmahera).

Selain diluar wilayah tersebut di Sulawesi & Maluku akan menyaksikan gerhana matahari sebagian saja seperti di kota Manado (96%), Gorontalo (98%), Makassar (88%), Kendari (90%), Ambon (87%). Berikut tabel waktu terjadinya gerhana matahari di pulau sulawesi, jika tidak ada daerahmu sesuaikan daerah yang terdekat:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar